GHA Bible Institute

CIRI-CIRI NABI PALSU

Selama puluhan tahun kami ke gereja mendengarkan khotbah-khotbah bagus dari ajaran karismatik, tetapi kenapa jemaat tidak pernah diajarkan untuk melihat ciri ciri dari nabi palsu. Seolah olah ayat ayat tentang nabi palsu tidak ada di Alkitab. Sedangkan ini sangat penting untuk diketahui supaya jemaat tidak tertipu oleh nabi palsu yang menyamar sebagai domba . karena Iblis dikatakan akan membuat tanda tanda mujisat palsu.

2 Tes 2:9 “Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu”.
2 Tes 2:10 “Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka”.


Mukjizat dan perbuatan ajaib BUKAN suatu tanda itu dari Tuhan, anggota gereja yang banyak juga itu bukan tanda dari Tuhan. Kalau lihat jumlah jemaat , agama yang paling tumbuh pesat di Amerika ,Eropa dan negara lainnya sekarang ini adalah agama Islam.

Yer 5:30 “Kedahsyatan dan kengerian terjadi di negeri ini”.
Yer 5:31 “Para nabi bernubuat palsu dan para imam mengajar dengan sewenang-wenang, dan umat-Ku menyukai yang demikian! Tetapi apakah yang akan kamu perbuat, apabila datang kesudahannya”.


Dari jaman nabi nabi seperti Yesaya dan Yeremia sudah banyak nabi palsu yang mengajarkan ajaran lain , mereka bernubuat palsu dan mengajarkan sewenang wenang. Kalau anda baca di Yes 56 : 11 , Yesaya menjelaskan nabi palsu itu adalah gembala-gembala yang mengejar laba atau uang.
Yes 56:11 “Anjing-anjing pelahap, yang tidak tahu kenyang. Dan orang-orang itulah gembala-gembala, yang tidak dapat mengerti! Mereka semua mengambil jalannya sendiri, masing-masing mengejar laba”.

Mari kita lihat apa yang ditulis di Alkitab ciri ciri tentang Nabi Palsu:

1. DILIHAT DARI BUAHNYA
Mat 7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas”.
Mat 7:16 “Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?”.


Salah satu buah roh di Gal 5:22 adalah kasih, kemurahan, kebaikan, dan penguasaan diri. Jangan tertipu oleh penampilan luarnya ,bahasanya yang manis dan muluk muluk, karena sudah dtulis dengan Petrus, Paulus , Yudas bahwa nabi palsu itu bahasanya manis karena mereka itu seperti malaikat terang.

2 Kor 11:13 “Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus”.
2 Kor 11:14 “Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang”.

Jadi kita tidak bisa lihat dari gaya berpakaian dan gaya bahasanya yang sopan.

Hasil survey yang dibuat dari teman teman adalah :
Gereja sudah tidak punya KASIH dan KEBAIKAN lagi , tidak peduli dengan jemaat atau orang miskin untuk membantu mereka ,padahal Tuhan perintahkan untuk membantu orang lemah dan orang miskin ,makanya gereja punya tanggung jawab yang besar mengelola uang jemaat untuk membantu orang miskin khususnya dari jemaat nya dulu.

Gereja tidak punya budget / uang untuk membantu orang miskin karena gereja lebih suka dengan membangun kerajaanya dengan gaya hidup seperti selebriti , Karena uang gereja habis untuk gaji yang besar yang melebihi dari CEO. Dan gedung ratusan milyard yang lebih di pentingkan. Walaupun jemaat nya sakit parah jika perlu uang untuk operasi gereja harus rapat dulu sampai jemaat tersebut meninggal belum tentu uang keluar. Ini salah satu bukti gereja sudah tidak punya Kasih dan Kebaikan , ini contoh gereja di Amerika , Afrika, dan negara negara lain di Indonesia mungkin belum ada.

Para gembala sudah tidak bisa menguasai diri. Karena biasanya yang menjadi sangat kaya raya adalah gambalanya dan keluarganya sendiri , uang sudah menjadi prioritas utama. Sehingga tidak bisa menguasai diri dari kekayaan dunia dengan gaya hidup seperti Rock Star makanya banyak yang jatuh kedalam dosa. Akar dari segala kejahatan adalah cinta akan uang. Sedangkan jemaat masih banyak hidup yang hidup dalam kesusahan. saya rasa para gembala harus belajar dari ajaran agama Budha , biksu Budha tidak mementingkan kekayaan tetapi tujuannya hanya membantu orang miskin. Makanya kelenteng tidak pernah dibakar, kenapa selalu gereja yang dibakar.

Contoh si A pergi keluar negeri atau membayari orang tuanya ke luar negeri yang dicari tiket, hotel yang paling murah, tetapi si A berani memberi uang dalam jumlah besar kepada gereja atau gembalanya yang mana uangnya dipakai oleh gembalanya untuk menggunakan bisnis kelas dan hotel bintang 5 , bahkan sekarang lagi trend di seluruh dunia para pendeta saling berlomba gedung siapa yang paling canggih dan mahal, pesawat siapa yang paling baru , mobil dan rumah siapa yang paling bagus. Mereka lebih prioritas mengumpulkan harta dibumi dengan menggunakan uang gereja.

Makanya Paulus menganjurkan untuk pemimpin agama harus bekerja supaya tidak membebani uang jemaat dan tidak ada celah untuk dicela. Paulus pernah dibantu sewaktu dalam kesusahan selama 3 tahun dengan jemaat di makedonia. Paulus merasa bersalah mengatakan saya seperti merampok uang jemaat saya sewaktu dibantu seperti itu.
2 Kor 11:7 “Apakah aku berbuat salah, jika aku merendahkan diri untuk meninggikan kamu, karena aku memberitakan Injil Allah kepada kamu dengan cuma-cuma?”.
Ayat 8 "Jemaat-jemaat lain telah kurampok dengan menerima tunjangan dari mereka, supaya aku dapat melayani kamu!”.


2. CINTA AKAN UANG & KEHIDUPAN SEPERTI SELEBRITI
Paulus menjelaskan ciri ciri rasul Palsu adalah pekerja CURANG. 2 Kor 11: 13 "Kata curang itu biasa dipakai untuk hitung hitungan angka atau uang.
Rom 16:18 “Sebab orang-orang demikian tidak melayani Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang yang tulus hatinya”.


Paulus menganjurkan untuk HINDARI mereka, karena mereka bukan melayani Kristus tetapi melayani perut mereka ini bicara kedagingan dan hawa nafsu kekayaan dunia. Banyak jemaat yang sudah SADAR biasanya orang yang sudah dewasa dan yang sudah puluhan tahun ke gereja sewaktu uangnya habis, biasanya anak anak muda yang belum dewasa akan kena dengan tipu daya mereka, Makanya Yohanes menyebut mereka seperti serigala yang buas.

Petrus juga menjelaskan ciri ciri nabi palsu adalah para gembala yang mencintai UANG.
2 Pet 2:1 “Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka”.
2 Pet 2:2 “Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu, dan karena mereka Jalan Kebenaran akan dihujat”.

2 Pet 2:3 “Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka.”
1 Pet 5:2 “Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri".


Ternyata Yudas yang telah menjual Yesus untuk uang, dia menulis untuk memperingatkan JEMAAT harus waspada terhadap nabi palsu.
Yud 1:16 “Mereka itu orang-orang yang menggerutu dan mengeluh tentang nasibnya, hidup menuruti hawa nafsunya, tetapi mulut mereka mengeluarkan perkataan-perkataan yang bukan-bukan dan mereka menjilat orang untuk mendapat keuntungan”.

Yud 1:19 “Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus”.


Yudas sangat tegas menjelaskan guru palsu itu suka menjilat orang untuk mendapatkan keuntungan / uang. Dari mana timbulnya perpecahan ? karena banyak orang mengajarkan ajaran lain untuk memuaskan keinginan keinginan dunia.

3. MEREKA TIDAK MENGASIHI KEBENARAN
Salah satu ciri cirinya adalah mereka mengajarkan ajaran lain selain injil Kristus. 2 Pet 3: 16 Petrus sudah peringatkan banyak orang yang membuat tulisan tulisan sendiri dengan merubah isi Firman Tuhan.
1 tim 6:3 Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat--yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus--dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita, 6:4 ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa.

2 Yoh 1:10 Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya.
1:11 Sebab barangsiapa memberi salam kepadanya, ia mendapat bagian dalam perbuatannya yang jahat. Jika anda memberi salam saja maka anda menjadi bagian dalam perbuatan jahat mereka, karena anda membantu mereka untuk berbuat jahat terus.


Kenapa setan itu sukses banyak pengikutnya , karena mereka menjanjikan kekayaan, kemakmuran , itu semuanya yang ditawarkan oleh iblis keinginan mata, keinginan daging dan keangkuhan hidup yang namanya TEMPTATION ( Godaan).

2 Tim 4:3 “Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya”.

2 Tim 4:4 “Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng Dan ternyata jemaat juga menyukai hal hal yang demikian , jemaat sudah tidak suka mendengarkan kebenaran, tetapi lebih suka mendengarkan hal hal yang membuat telinga anda nyaman.


APA YANG HARUS KITA LAKUKAN TERHADAP MEREKA
1 kita harus mencela mereka Wah 2
2 Harus tandai dan hindari mereka Rom 16: 17
3 Menutup mulut mereka Tit 1:7:11-13
4 Jangan berkawan dg mereka yg mengajarkan doktrin palsu Ef 5:6-7 & 2 Tes 3:14
5 Menelanjangi perbuatan mereka
6 Menjauhkan diri dari mereka 2 Tes 3 : 6
7 Pisahkan dirimu dari mereka 2 Kor 6 : 17
8 Jangan undang mereka ke rumahmu 2 Yoh 1:10

APAKAH KITA BOLEH MENGHAKIMI
Mat 7 ini menjadi ayat kesukaan para pendeta supaya orang di doktrin tidak boleh melakukan apa apa terhadap mereka.
Mat 7:1 "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi”.
Mat 7:3 “Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?”.


Yesus katakan jangan menghakimi sesamamu, saya percaya menghakimi saudara kita itu salah, kita tidak boleh menghakimi sesama orang percaya karena kita tidak bisa melihat hati mereka. Konteks ayat ini bicara kita tidak boleh menghakimi dosa saudara kita. Yesus tidak sedang bicara tentang orang yang mengajarkan doktrin palsu di konteks ini.

Yang diajarkan dari mimbar biasanya jangan menghakimi atau mengusik orang yang diurapi. Biasanya yang dipakai ayat dari perjanjian lama sewaktu nabi Elia diejek botak, dan waktu Daud tidak mau membunuh Saul walaupun punya kesempatan. Itu benar di Perjanjian Lama, jangankan mengusik orang diurapi, anak kandung kita kalau nakal saja kita berhak untuk merajam mereka sampai mati. Tetapi di Injil Kristus tidak ada yang namanya intimidasi seperti itu. Yesus ajarkan tampar pipi kiri berikan pipi kananmu. Waktu di cambuk dan disalib Yesus bilang ampuni mereka, waktu Petrus menyangkal , Yesus katakan Apakah kamu mengasihi Aku? Sampai tiga kali , Waktu Yudas menghianati, Yesus tidak mengintimidasi Yudas.

Kol 2:8 “Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus”.

EF 4:14 “Sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan”.


Yesus lanjutkan perkataannya setelah Dia katakan jangan menghakimi , Dia katakan di Mat 7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.”

Karena nabi palsu itu seperti Malaikat Terang, berarti cara bicaranya seperti Yesus, sopan santunnya seperti Yesus, berpakaiannya seperti Yesus. Jadi salah satu cara yang dilihat adalah pengajarannya. Apakah sesuai injil Kristus atau mengajarkan ajaran lain.
Dalam bahasa Inggrisnya jadi kita harus “JUDGE ( MENGHAKIMI) “ firman yang diajarkan supaya kita bisa tahu orang ini nabi palsu atau bukan.
1 Kor 14:29 Tentang nabi-nabi--baiklah dua atau tiga orang di antaranya berkata-kata dan yang lain menanggapi apa yang mereka katakan."
1st Corinthians 14: 29..Let the prophets speak two or three, AND LET THE OTHER JUDGE!


Kita boleh menghakimi firman yang keluar dari mulut nabi, makanya Yesus katakan jangan minum susu saatnya makan makanan keras supaya bisa membedakan yang baik dan yang jahat.
Ibr 5:13 Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil."
Ayat 14 "Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih".

1 Kor 6:2 "Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia? Dan jika penghakiman dunia berada dalam tangan kamu, tidakkah kamu sanggup untuk mengurus perkara-perkara yang tidak berarti?
Yoh 7:24 “Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil”.


Firman Jelas katakan kita harus menjadi hakim yang adil, penterjemahan Inggrisnya katakan we are to "judge righteous judgment, Artinya kita boleh menghakimi sesuai parameter Firman Tuhan. Jika menghakimi tidak berdasarkan Firman adalah bentuk pelanggaran.

APAKAH BOLEH MENYEBUT NAMA
Sebelum saya mengerti Firman Tuhan ada orang berkata kepada saya, sebaiknya jangan menyebut nama mereka didepan umum, tetapi Firman Tuhan menegur dan menyebut nama mereka di depan umum. Kalau di AMerika sudah di telanjangi perbuatan mereka di TV , surat kabar bahkan ada satu yayasan trinity foundation membuat yayasan untuk menginvestigasi kekayaan kekayaan mereka.
a. Paulus menegur Kefas di depan umum karena bersalah mengajarkan Firman Tuhan-Gal 2:11-14
b. Paulus menyebut nama Himeneus dan Aleksander di depan umum-1 Tim 1:18-20
c. Paulus menyebut nama Himeneus dan Filetus didepan umum 2 Tim 2: 15- 18
d Paulus menyebut Demas karena mencintai dunia 2 Tim 4: 10
e Yohanes menyebut Diotrefes dan Demetrius 3 John1:9 - 12
f Musa menaggil nama Balaam Bil 22- 25
g Petrus menyebut nama Bileam anak Beor yang mencintai upah dan dan tidak berjalan dalam ketidakbenaran 2 Pet 2 : 15
i Judas menelanjangi perbuatan dan menyebut nama Bileam Wahyu 2: 14

2 Tim 4:10 “Karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku. Ia telah berangkat ke Tesalonika. Kreskes telah pergi ke Galatia dan Titus ke Dalmatia. Paulus juga menyebut nama Demas didepan umum yang mencintai dunia”.

Jadi setiap orang percaya boleh mempunyai hak untuk menghakimi seseorang yang mengajarkan doktrin yang diajarkan apakah sesuai dengan barometer Firman Tuhan.
1 Tim 1:16 “Tetapi hindarilah omongan yang kosong dan yang tak suci yang hanya menambah kefasikan”.
1 Tim 1:17 “Perkataan mereka menjalar seperti penyakit kanker. Di antara mereka termasuk Himeneus dan Filetus”.


Copyright by : GIVING2GOD.COM