GHA Bible Institute

KEMISKINAN

Apa benar kemiskinan itu dari Iblis seperti selalu dikatakan oleh pendeta pendeta dari injil kemakmuran? Saya belum pernah menemukan ayat bahwa Yesus mengecam atau memperingatkan kepada orang miskin berkata kenapa kamu menjadi miskin. Tuhan selalu memberi “janji dan semangat ” kepada orang miskin. Berarti ada orang yang mengajarkan ajaran lain selain ajaran Yesus. Dan Tuhan memang juga tidak mengecam kekayaan,

Ams 30:8 “Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku”.

tetapi Dia selalu peringatkan, bahaya dari kekayaan karena orang lebih percaya diri dan merasa aman karena kekayaannya bukan karena Kristus. Dia katakan : jangan kumpulkan harta di bumi, waspadalah terhadap ketamakan, orang kaya sukar masuk sorga, bahkan ada cerita di Lukas 16:22 orang kaya dan orang miskin , setelah yang miskin meninggal dia berada di Sorga tetapi si orang kaya ini berada di neraka.

Hati hati ada orang yang mengajarkan ajaran lain dengan mengubah inti dari isi kebenaran firman Tuhan.2 Pet 2:1 “Pada masa yang lampau di antara umat Allah telah muncul nabi-nabi palsu. Begitu juga di antaramu akan muncul guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan ajaran-ajaran yang tidak benar, yang membinasakan orang. Dan mereka akan menyangkal Penguasa yang sudah membebaskan mereka. Dengan demikian mereka mendatangkan kebinasaan atas diri sendiri, yang akan menimpa mereka dengan cepat".

Coba Beritahu kepada Paulus, dia sebagai rabi Yahudi menolak untuk menerima uang dari hasil pelayanannya. 1 Kor 9:15-19 “Aku tidak pernah mempergunakan satupun dari hak-hak itu, dan aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri”.

Beritahu kepada pemimpin gereja yang menjadi panglima iman seperti Justin Martyr, Irenaeus, Tertullian, Cyprian dan beberapa pemimpin yang dianiaya karena iman. Mereka memilih untuk hidup sederhana.
Luk 4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku”.
Mat 26:11 “Karena orang-orang miskin selalu ada padamu”.


Berarti orang miskin itu akan selalu ada disekitarmu, itu bagian dari masyarakat. Saya mau belajar ayat mana yang dipakai oleh hamba-hamba Tuhan dunia yang mengajarkan bahwa kemiskinan itu dari Iblis . Kalau memang Tuhan tidak mau anaknya hidup dalam kemiskinan seharusnya Dia mengatakan sesuatu kepada orang miskin khusunya kepada janda miskin itu yang sudah memberikan seluruh uangnya.

Yesus memberi perumpamaan beberapa kali tentang orang miskin
Luk 14:13 “Tetapi apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta”.
Luk 14:14 “Dan engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu. Sebab engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar”.


Yesus mengajarkan kalau mengundang pesta undanglah orang orang cacat, lumpuh dan miskin karena mereka tidak dapat membalasnya tetapi engkau akan mendapat balasan di kehidupan yang kekal. Tetapi beberapa pendeta yang sudah menjadi milayarder minta dibayar ratusan juta sampai milyaran rupiah untuk berkotbah , sikap seperti ini tidak cocok dengan firman Tuhan. Karena mereka dipanggil jadi budak Kristus. Yesus tidak pernah mendisuksikan soal gaji sewaktu mereka diutus pergi menginjil.

Mzm 74: 21 “Janganlah biarkan orang yang terinjak-injak kembali dengan kena noda. Biarlah orang sengsara dan orang miskin memuji-muji nama-Mu”.
Mzm 112: 9 “Ia membagi-bagikan, ia memberikan kepada orang miskin; kebajikannya tetap untuk selama-lamanya, tanduknya meninggi dalam kemuliaan”.
Mzm 140:12-13 “Aku tahu, bahwa TUHAN akan memberi keadilan kepada orang tertindas, dan membela perkara orang miskin”.

Ams 14:31 “Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia”.
Ams 22:2 “Orang kaya dan orang miskin bertemu; yang membuat mereka semua ialah TUHAN”.
Ams 28:27 “Siapa memberi kepada orang miskin tak akan berkekurangan, tetapi orang yang menutup matanya akan sangat dikutuki”.
Ams 31:20 “Ia memberikan tangannya kepada yang tertindas, mengulurkan tangannya kepada yang miskin”.

Kis 20:35 “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima”.

Luk 18:22 “Mendengar itu Yesus berkata kepadanya: "Masih tinggal satu hal lagi yang harus kaulakukan: juallah segala yang kaumiliki dan bagi-bagikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di surga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku”.

Ul 15:7 “Jika sekiranya ada di antaramu seorang miskin, salah seorang saudaramu di dalam salah satu tempatmu, di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau menegarkan hati ataupun menggenggam tangan terhadap saudaramu yang miskin itu”.

Ul 15:8 “Tetapi engkau harus membuka tangan lebar-lebar baginya dan memberi pinjaman kepadanya dengan limpahnya, cukup untuk keperluannya, seberapa ia perlukan”.
Ul 15:9 “Hati-hatilah, supaya jangan timbul di dalam hatimu pikiran dursila, demikian: Sudah dekat tahun ketujuh, tahun penghapusan hutang, dan engkau menjadi kesal terhadap saudaramu yang miskin itu dan engkau tidak memberikan apa-apa kepadanya, maka ia berseru kepada TUHAN tentang engkau, dan hal itu menjadi dosa bagimu”.

Ul 15:10 “Engkau harus memberi kepadanya dengan limpahnya dan janganlah hatimu berdukacita, apabila engkau memberi kepadanya, sebab oleh karena hal itulah TUHAN, Allahmu, akan memberkati engkau dalam segala pekerjaanmu dan dalam segala usahamu”.
Ul 15:11 “Sebab orang-orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya aku memberi perintah kepadamu, demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu”.

Mat 25:35 “Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan”.
Mat 25:36 “Ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku”.
Mat 25:37 “Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum?”.

Mat 25:38 “Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian?”.
Mat 25:39 “Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau?”.
Mat 25:40 “Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku”.

Yak 2:5 “Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia?”.


Yesus selalu memberi kata penghiburan kepada orang miskin, bahasa lainnya kalau kamu miskin didunia jangan kecewa karena anda akan menjadi ahli waris Kerajaan Surga.
PENTING!!! Yesus selalu PERINTAHKAN untuk membantu orang yang lemah, miskin , janda janda dan yatim piatu. Yakobus 1: 27 "Katakan kalau anda tidak membantu mereka maka ibadah anda tidak MURNI dan BERCACAT".

Copyright by : GIVING2GOD.COM