GHA Bible Institute

BAB I

A. Prinsip Perpuluhan dan Berbagai Macam Perpuluhan
1. Perpuluhan Untuk Orang Suku Lewi
Bil 18:20-21 “TUHAN berfirman kepada Harun: "Di negeri mereka engkau tidak akan mendapat milik pusaka dan tidak akan beroleh bagian di tengah-tengah mereka; Akulah bagianmu dan milik pusakamu di tengah-tengah orang Israel. Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan."
Perpuluhan ini khusus diberikan kepada orang suku Lewi yang tidak mempunyai tanah atau properti seumur hidupnya. PENTING!! Orang suku Lewi menerima perpuluhan berupa makanan karena tidak mempunyai properti.

2. Perpuluhan Hari Raya
Perpuluhan ini lebih difokuskan untuk diri sendiri, keluarga dan seisi rumah. Anda boleh memakan perpuluhan Anda sendiri untuk keperluanmu.
Ul 12:16 “Kesanalah harus kamu bawa korban bakaran dan korban sembelihanmu, persembahan persepuluhanmu dan persembahan khususmu, korban nazarmu dan korban sukarelamu, anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu."
Ul 12:17 “Disanalah kamu makan di hadapan TUHAN, Allahmu, dan bersukaria, kamu dan seisi rumahmu, karena dalam segala usahamu engkau diberkati oleh TUHAN, Allahmu."
Ul 12:18 “Tetapi di hadapan TUHAN, Allahmu, haruslah engkau memakannya, di tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, engkau ini, anakmu laki-laki dan anakmu perempuan, hambamu laki-laki dan hambamu perempuan, dan orang Lewi yang di dalam tempatmu, dan haruslah engkau bersukaria di hadapan TUHAN, Allahmu, karena segala usahamu."

Baca juga Ul 14: 24- 26.

3. Perpuluhan Untuk Orang Miskin
Perpuluhan ini hanya dikumpulkan dalam waktu tiga tahun sekali. Tujuannya hanya untuk orang miskin, janda, anak yatim dan orang asing siapa saja yang miskin. Ul 26:12 "Apabila dalam tahun yang ketiga, tahun persembahan persepuluhan, engkau sudah selesai mengambil segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu, maka haruslah engkau memberikannya kepada orang Lewi, orang asing, anak yatim dan kepada janda, supaya mereka dapat makan di dalam tempatmu dan menjadi kenyang."
Ul 26:13 “Dan haruslah engkau berkata di hadapan TUHAN, Allahmu: Telah kupindahkan persembahan kudus itu dari rumahku, juga telah kuberikan kepada orang Lewi, dan kepada orang asing, anak yatim dan kepada janda, tepat seperti perintah yang telah Kauberikan kepadaku. Tidak kulangkahi atau kulupakan sesuatu dari perintah-Mu itu."


4. Perpuluhan Untuk Raja
1 Sam 8:14-17 “Raja akan memungut hasil rampasan, perpuluhan, dan hasil pertama untuk keperluan politik."

5. Perpuluhan Untuk Imam
Perpuluhan untuk Imam bukan 10% tetapi 1%. Selama ini pasti Anda tidak pernah mendengar ini. PENTING!!! Orang Israel memberi LANGSUNG perpuluhannya kepada orang suku Lewi, kemudian orang Lewi harus membawa persembahan khusus atau persembahan yang terbaik kepada imam yaitu 1/10 dari 1/10 dari yang mereka terima, jadi imam hanya menerima 1%.
Bil 18:26 "Lagi haruslah engkau berbicara kepada orang Lewi dan berkata kepada mereka: Apabila kamu menerima dari pihak orang Israel persembahan persepuluhan yang Kuberikan kepadamu dari pihak mereka sebagai milik pusakamu, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu."
Neh 10:38 “Seorang imam, anak Harun, akan menyertai orang-orang Lewi itu, bila mereka memungut persembahan persepuluhan. Dan orang-orang Lewi itu akan membawa persembahan persepuluhan dari pada persembahan persepuluhan itu ke rumah Allah kami, ke bilik-bilik rumah perbendaharaan."


PENTING!!! Ini perlu dipertanyakan, angka 1% dan 10% suatu angka yang cukup besar perbedaanya. Kenapa para pengajar perpuluhan TIDAK mengajarkan angka diatas dan tidak pernah menjelaskan kita harus memberi perpuluhan kepada keluarga sendiri dan kepada orang miskin. PENTNG!!! Perpuluhan dieberikan LANGSUNG kepada orang yang membutuhkan bukan kepada suatu institusi.


B. Perpuluhan Hanya Doktrin di Perjanjian Lama, dibawah Hukum Taurat dan Hukum Musa
Kita tidak lagi hidup dalam hukum Taurat, kita sudah hidup dalam perjanjian baru yaitu iman dan kasih karunia. Hukum Taurat ganjarannya mati kalau kita melanggar satu dari 600 peraturan yang ada. Tetapi setelah Kalvary dengan darah Yesus telah menebus semua kesalahan kita dan segala hukum taurat yang berlaku. Dan secara otomatis kita tidak bisa kembali lagi kepada hukum Taurat karena kita sudah ditebus.
Gal 3:24-25 “Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman. Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun."

Kalau kita baca di Ef 2:15 “Sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera." Sangat jelas ditulis kematian Yesus sudah membatalkan hukum Taurat dan ketentuannya. Perpuluhan termasuk dalam ketentuan.
Gal 2:19 “Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus."

Tidak perlu sekolah master teologi untuk mengartikan bahwa hukum taurat sudah dibatalkan karena kematian-Nya. Bagaimana dengan ayat berikut ini :
Mat 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya”.
Mat 5:18 “Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi”.


Ayat ini yang sering dipakai dan disalah artikan sehingga jemaat tidak mengerti kenapa ada ayat yang berlawanan satu dengan yang lainnya, satu ayat mengatakan menggenapi tetapi ada lebih dari sepuluh ayat mengatakan membatalkan.
Gal 5:16 “Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging”.
Gal 5:18 “Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat”.
Ef 2:15 “Sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera”.
Rom 6:14 “Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia”.
Ibr 7:18 “Memang suatu hukum yang dikeluarkan dahulu dibatalkan, kalau hukum itu tidak mempunyai kekuatan dan karena itu tidak berguna”.
Ibr 8:13 “Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian yang baru, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya”.


Firman Tuhan itu ditulis secara konsisten dan tidak mungkin berlawanan dengan ajaran satu sama lainnya. Apalagi Yesus adalah pemimpin yang konsisten dan bijaksana. Ayat ini cukup membuat saya mengerti sejelas-jelasnya. Paulus kasih komentar tentang hukum taurat di
2 Kor 3:3 “Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia”.
2 Kor 3:6 “Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan”.

Perjanjian lama adalah pelayanan penghakiman yang membawa kematian. Ini adalah pelayanan dengan hukum yang tertulis, pelayanan dengan penghakiman, yang membawa kematian.

Tidak perlu di diskusikan lebih panjang lagi tentang Hukum Taurat VS kasih karunia. Hukum Musa itu mensyaratkan mata ganti mata, gigi ganti gigi, nyawa ganti nyawa. Setiap manusia sebenarnya harus menerima hukuman mati karena dosanya satu orang yaitu Adam. Tetapi karena Yesus sudah menebus dosa kita maka Dia sudah bebaskan kita dari hukuman mati di neraka yang kekal. Inilah hadiah yang luar biasa buat kita.
Rom 5:17 “Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus”.
Rom 5:18 “Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup”.


Ayat tambahan Yesus mengatakan hukum Taurat sudah tidak berlaku lagi untuk kita.
Rom 7:4 “Sebab itu, saudara-saudaraku, kamu juga telah mati bagi hukum Taurat oleh tubuh Kristus, supaya kamu menjadi milik orang lain, yaitu milik Dia, yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, agar kita berbuah bagi Allah”.
Rom 7:5 “Sebab waktu kita masih hidup di dalam daging, hawa nafsu dosa, yang dirangsang oleh hukum Taurat, bekerja dalam anggota-anggota tubuh kita, agar kita berbuah bagi maut”.
Rom 7:6 “Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat”.


Pertanyaannya kalau begitu kitab Perjanjian Lama kenapa masih dipakai?
Waktu kitab Perjanjian Lama ditulis, kitab Perjanjian Baru belum ada pada saat itu, jadi Perjanjian Lama satu-satunya Injil. Di dalam hukum taurat hanya terdapat bayangan sesuatu untuk menyatakan keselamatan yang sempurna.
Ibr 10:1 “Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri. Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahkan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya”.
Perjanjian Lama itu tidak semuanya bicara tentang hukum saja, Perjanjian Lama menjelaskan tentang kebesaran Tuhan, sejarah, penciptaan dunia dan manusia, pujian dan penyembahan, kata mazmur, kata hikmat, nubuatan, simbol simbol, sejarah raja-raja dan nabi-nabi, keturunan keturunan seperti Adam dan Hawa, Abraham dll.

Banyak keuntungan dari Perjanjian Lama yaitu:
1. Kita bisa belajar dari kesalahan orang orang pada jaman itu dan jadikan itu sebagai contoh supaya kita tidak mengulangi lagi kesalahan yang mereka buat (1 Kor 10:1-11)
2. Jadi dengan kita belajar hukum yang ada di perjanjian lama maka kita akan mengenal Tuhan lebih lagi dan Kristus didalam tipologi
3. Kita bisa belajar bagaimana Tuhan berurusan dengan manusia, karena cara Tuhan berurusan dengan manusia berbeda beda , waktu kejatuhan manusia di taman Eden, waktu jaman Nuh, dsb.
4. Kita belajar juga bahwa Gentiles (orang yang bukan Yahudi) dan gereja TIDAK berada di bawah hukum taurat.
Kel 23:32 “Janganlah mengadakan perjanjian dengan mereka ataupun dengan allah mereka”.

Orang Yahudi tidak boleh membuat perjanjian apapun dengan Gentile, Perpuluhan itu adalah pewahyuan khusus untuk bangsa Israel bukan untuk Gentile atau jemaat gereja, tetapi untuk membantu kaum suku Lewi. Dan bangsa Israel tidak boleh berbagi perjanjian dengan bangsa lain karena bangsa lain disebut apa yang disentuhnya tidak kudus. Di Alkitab ada beberapa kategori seperti orang Yahudi, ada Gentiles, dan gereja Tuhan/jemaat.

1 Kor 10:32 “Janganlah kamu menimbulkan syak dalam hati orang, baik orang Yahudi atau orang Yunani, maupun Jemaat Allah”.
Mal 4:4 “Ingatlah kepada Taurat yang telah Kuperintahkan kepada Musa, hamba-Ku, di gunung Horeb untuk disampaikan kepada seluruh Israel”.


Ini sangat penting bahwa kita ini adalah bukan orang Yahudi jadi tidak termasuk kategori yang harus melaksanakan hukum Taurat.
Im 27:31-34 “Tuhan perintahkan perpuluhan ini hanya untuk orang Israel”.
Martin Luther King : kalau anda membaca Firman Tuhan anda harus tahu Tuhan sedang berbicara dengan siapa.

Di dalam (Ef 2) sudah sangat jelas katakan sebab dengan mati-Nya sebagai manusia, Ia telah membatalkan hukum taurat dengan segala perintah dan ketentuannya. Hukum taurat dibatalkan dengan segala perintah dan ketentuannya. Perpuluhan itu termasuk dibdalam ketentuan itu.
Jadi apa artinya dari ayat di Matius “Yesus datang untuk menggenapi hukum Taurat”.
Gal 4:4 “Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat”.

Pertanyaan saya apakah Yesus boleh membatalkan hukum taurat dimasa hidupnya? Jawabannya TIDAK BISA karena Yesus akan berdosa . Hukum taurat masih punya kekutatan penuh sebelum Yesus mati di salib. Yesus memberi tahu murid-Nya jangan berbuat dosa hingga Aku menggenapi panggilan Bapa. Yesus menjelaskan sebelum sampai disalib, sejak Yesus lahir dan semasa hidup dan sampai mati-Nya, Yesus berada di bawah hukum taurat. Jadi Dia harus tunduk kepada hukum taurat. Kalau ada 1 perintah dari 600 lebih hukum taurat yang ada, apabila dilanggar maka Dia langsung dikecam dan berdosa. PENTING!!! Sekalipun hukum Taurat masih mempunyai kekuatan penuh, Yesus tidak pernah mengajarkan murid-murid-Nya untuk memberi atau menerima perpuluhan.

Gal 5:4 “Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia”.
Gal 2:21 “Kalau masih ada kebenaran dlm hukum Taurat maka sia sia lah kematian YESUS”.
Gal 5:18 “Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat”.


Ajaran yang keliru Anda akan dikutuk karena merampok Tuhan . Saya mau katakan Yesus itu bukan bos mafia. Dia sudah bayar semua kutuk dan dosa bukan dengan barang yang fana seperti emas dan perak tetapi dengan darah-Nya.
Yak 2:10 “Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya”.

Marthin Luther King Senior Pastor Baptist church di Alabama yang membela kulit Hitam (1957) dia menjadi President Southern Christian Leadership. Tahun 1968 dia menjadi Man of the Year dari majalah TIME dan mendapatkan Nobel mengatakan kalau mau ikut hukum Musa kita harus ambil semuanya secara paket tidak bisa cuma satu-satu. Anda bisa buka di google ketik How Christians Should Regard Moses.
Gal 3:10 “Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat”.

Di dalam hukum Musa berkat tidak bisa datang kalau kita mengabaikan satu dari hukum itu , kita akan berdosa terhadap semuanya.
Mal 4:4 “Ingatlah kepada Taurat yang telah Kuperintahkan kepada Musa, hamba-Ku, di gunung Horeb untuk disampaikan kepada seluruh Israel, yakni ketetapan-ketetapan dan hukum-hukum”.

Ada begitu banyak ayat yang menjelaskan bahwa kita tidak lagi hidup di bawah hukum taurat. Yang mana perpuluhan itu ada di bawah hukum taurat. Kalau masih belum jelas
Kol 2:13 “Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita”.
Kol 2:14 “Dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib”.


Itu telah ditiadakan-Nya dengan memalukannya di kayu salib. Apa yang ditiadakan-Nya: surat hutang, ketentuan ketentuan hukum yang mendakwa dan mengancam kita. Bukankan selama ini kita diajarkan di Mal 3 bahwa kita akan kena kutuk dan di hubungkan juga dengan penyakit dan kemiskinan kalau kita tidak membayar perpuluhan.
Yesus katakan “SUDAH SELESAI”
Yoh 19:30 “Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya”.
Apa yang diselesaikan? Yesus telah menggenapi hukum Taurat, sehingga hukum sudah dibatalkan. Ef 2:13-17 Yesus telah membatalkan dan membuang hukum Taurat dan setiap peraturan hukum, perintah, undang-undang, dan hukum yang diberikan Musa di gunung Sinai. Setiap simbol dan bayangan sudah di GENAPI di dalam Yesus raja kebenaran. Yesus menggantikan hukum taurat dengan kasih karunia, saya kasih contoh seperti ini: di hukum taurat kita diajarkan untuk menghormati orang tua kita. Hukumannya rajam kalau anak tidak menghormati orang tua.

Ul 21:18 "Apabila seseorang mempunyai anak laki-laki yang degil dan membangkang, yang tidak mau mendengarkan perkataan ayahnya dan ibunya, dan walaupun mereka menghajar dia, tidak juga ia mendengarkan mereka “.
Ef 6:1 “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian”.
Ef 6:2 “Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini”.
Ef 6:3 “Supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi”.

Perintahnya sama tetapi dendanya berbeda.
Kol 3:20 “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan”.
Kol 3:21 “Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya”.

Pertanyaan : apakah Anda masih hidup dalam hukum Taurat? Kita sudah dibebaskan menurut Roma 8:2 “Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut”. Perpuluhan tidak relevan lagi untuk orang Kristen dalam Perjanjian Baru.

C. Perpuluhan Dimulai Sejak Israel Masuk Tanah Perjanjian
Ul 12:1 "Inilah ketetapan dan peraturan yang harus kamu lakukan dengan setia di negeri yang diberikan TUHAN, Allah nenek moyangmu, kepadamu untuk memilikinya, selama kamu hidup di muka bumi”.
Ul 12:5 “Tetapi tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu sebagai kediaman-Nya untuk menegakkan nama-Nya di sana, tempat itulah harus kamu cari dan ke sanalah harus kamu pergi”.
Ul 12:6 “Ke sanalah harus kamu bawa korban bakaran dan korban sembelihanmu, persembahan persepuluhanmu dan persembahan khususmu, korban nazarmu dan korban sukarelamu, anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu”.


D. Perpuluhan Hanya untuk Bangsa Israel
Gentiles tidak boleh membawa perpuluhan karena sesuatu yang disentuh oleh Gentiles itu tidak kudus. Ini juga penting sekali bahwa kita ini bukan orang Israel di sejarah Alkitab. Gentiles adalah orang yang bukan Yahudi atau bukan bangsa Israel.
Im 7:34 “Itulah perintah-perintah yang diperintahkan TUHAN kepada Musa di gunung Sinai untuk disampaikan kepada orang Israel”.
Bil 18:26 “Apabila kamu menerima dari pihak orang Israel persembahan persepuluhan yang Kuberikan kepadamu dari pihak mereka sebagai milik pusakamu, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu”.

Kita sering mendegar ajaran kita ini kan keturunan Israel secara Roh, tetapi kenapa dihubungkan dengannya jasmani berupa uang.

E. Imam Hanya Mendapat 1%
Perpuluhan dibawa oleh orang Isarel langsung kepada orang Lewi, kemudian orang Lewi baru membawa yang terbaik 1/10 dari 1/10 yang mereka terima. Jadi perpuluhan bukan ke Imam tetapi ke orang Lewi.
Bil 18:26 “Maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu”.
Neh 10:38 “Seorang imam, anak Harun, akan menyertai orang-orang Lewi itu, bila mereka memungut persembahan persepuluhan. Dan orang-orang Lewi itu akan membawa persembahan persepuluhan dari pada persembahan persepuluhan itu ke rumah Allah kami, ke bilik-bilik rumah perbendaharaan”.


PENTING pendeta , pastor, atau guru, rasul itu BUKAN IMAM . lebih cocok dipanggil nabi di firman Tuhan . Nabi, Guru ataupun rasul tidak menerima perpuluhan mereka berharap kepada pemeberian sukarela dan mereka umumnya bekerja untuk memenuhi keperluan mereka. Waktu Yesus mengirim ke duabelas muridnya , di mat 10 dan luk 10 , Dia tidak sama sekali mendiskusikan gaji tetapi Yesus hanya berpesan untuk menumpang dirumah orang. Ini bicara bantuan yang sangat sederhana.

F. Hasil Pertama Bukan Perpuluhan
Hasil pertama itu hanya persembahan dalam jumlah yang kecil seukuran keranjang kecil yang bisa dipegang dengan tangan.
Ul 26:1-4 "Apabila engkau telah masuk ke negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu, dan engkau telah mendudukinya dan diam di sana. Maka haruslah engkau membawa hasil pertama dari bumi yang telah kaukumpulkan dari tanahmu yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, dan haruslah engkau menaruhnya dalam bakul, kemudian pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana. Dan sesampainya kepada imam yang ada pada waktu itu, haruslah engkau berkata kepadanya: Aku memberitahukan pada hari ini kepada TUHAN, Allahmu, bahwa aku telah masuk ke negeri yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyang kita untuk memberikannya kepada kita. Maka imam harus menerima bakul itu dari tanganmu dan meletakkannya di depan mezbah TUHAN, Allahmu”.

G. Kata Best Tithe (Perpuluhan yang Terbaik) Bukanlah The First (Pertama) Tetapi The Tenth (yang Kesepuluh)
Im 27:32 “Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi TUHAN”.
Im 27:33 Janganlah dipilih-pilih mana yang baik dan mana yang buruk, dan janganlah ditukar; jikalau orang menukarnya juga, maka baik hewan itu maupun tukarnya haruslah kudus dan tidak boleh ditebus”.


Kita diajarkan harus memberi yang terbaik buat Tuhan, dengan mengutip Mat 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya padahal Firman Tuhan perintahkan yang kesepuluh bahkan yang jelek dan cacatpun harus diberikan. Berarti ada orang yang mengajarkan ajaran yang keliru selama ini. Dan tidak ada kata uang didalalam ayat itu, Kerajaan Allah itu bukan soal makanan dan minuman, semuanya itu adalah kekayaan yang bersifat Roh.
Apabila Tuhan mau kita memberikan uang kita yang terbaik supaya tidak salah asumsi, karena saya percaya Yesus itu Tuhan dan pribadi yang paling berhikmat dimuka bumi ini, harusnya Yesus menulis seperti ini carilah dahulu Kerajaan Allah dengan memberikan uang, emas, perak, denarius, dll, tetapi Dia tidak menulis kata itu sama sekali.

H. Perpuluhan itu Hanya Makanan
Ada 16 Pasal yang mengatakan bahwa perpuluhan itu adalah makanan. Saya mengetahui apa yang Anda pikirkan. mungkin pada jaman itu belum ada uang, atau uang bukan sesuatu yang penting dan berharga. Atau pertanyaan seperti ini: masa harus bawa pisang, kambing, domba ke gereja.
Pertanyaannya apakah Tuhan lupa pada waktu itu uang sudah ada dan menjadi sesuatu yang sangat penting dan bernilai. Tuhan tidak pernah lupa, Kecuali satu hal yang Dia lupa mengingat dosa-dosa Anda karena telah disucikan dan diputihkan seperti salju. Perpuluhan hanya sesuatu yang bisa dimakan. Seperti biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, daging sapi, kambing, domba, dll. Ikan saja tidak termasuk dalam kategori dalam perpuluhan.

Yesus masih bicara kepada orang Farisi tentang biji-bijian di Mat 23:23. Yesus mengkonfirmasikan kembali bahwa perpuluhan itu hanya makanan. Alkitab menulis tentang uang melebihi dari pada topik kasih karunia . Pertanyaan yang harus dijawab kenapa Yesus tidak mengatakan kepada orang Farisi itu bawalah perpuluhanmu berupa uang, emas, perak, denarius, syekel. supaya tidak ada keraguan dan perdebatan sekarang ini.
Sudah hampir 1600 tahun setelah jaman Musa, jawabannya sederhana karena Yesus mengajarkan jangan jadi hamba uang.
Ibr 13:5 “Jangan jadi hamba uang,tetapi cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu”.
Dan Yesus tahu akan berdampak negatif kepada para pemimpin gereja, seperti Paulus juga sudah memperingatkan bahaya akan uang. Dan Yesus tahu betul pada jaman nabi Yesaya dan Yeremia sudah ada pemimpin–pemimpin gereja yang serakah akan uang Yes 55. Makanya Dia tidak pernah bilang perpuluhan itu uang.

I. Hanya Peternak Dan Petani Yang Memberi Perpuluhan
Mungkin Anda berpkir pada saat itu tidak ada pekerjaan lain selain bertani dan beternak. Anda salah menebak, pada saat itu dicatat di Alkitab ada banyak pekerjaan lain selain bertani dan berternak. Pekerjaan lain adalah penyamak kulit, tukang kayu, tukang batu, ahli pahat, bisnis tambang, pembuat roti, pembuat minyak wangi, arsitek, ahli obat obatan, pembuat tenda, nelayan, guru, ahli pahat, ada hakim, ada pengacara, arsitek dll. Silahkan baca di bab siapa Lewi.

PENTING!!! Untuk direnungkan kenapa Tuhan tidak melibatkan mereka memberi perpuluhan pada jaman itu. Padahal mereka ini pembayar pajak terbesar. Karena perpuluhan itu makanan. Bisa saja mereka membeli makanan dengan uangnya untuk perpuluhan, tetapi mereka tidak membayar perpuluhan karena tidak DICATAT di Alkitab bahwa mereka memberi perpuluhan pada saat itu.
Nelayan saja tidak termasuk pekerjaan yang harus membayar perpuluhan kenapa? Karena ada ikan yang tidak kudus, tidak tau asal usulnya dan tidak tau apa yang dimakan.
Im 11:10-11 “Tetapi segala yang tidak bersirip atau bersisik di dalam lautan dan di dalam sungai, dari segala yang berkeriapan di dalam air dan dari segala makhluk hidup yang ada di dalam air, semuanya itu kejijikan bagimu. Sesungguhnya haruslah semuanya itu kejijikan bagimu; dagingnya janganlah kamu makan, dan bangkainya haruslah kamu jijikkan”.

J. Perpuluhan Hanya Boleh dari Tanah Kudusnya Tuhan
Ul 12:1 "Inilah ketetapan dan peraturan yang harus kamu lakukan dengan setia di negeri yang diberikan TUHAN, Allah nenek moyangmu, kepadamu untuk memilikinya, selama kamu hidup di muka bumi”.
Ul 12:5 “Tetapi tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu sebagai kediaman-Nya untuk menegakkan nama-Nya di sana, tempat itulah harus kamu cari dan ke sanalah harus kamu pergi”.
Ul 12:6 “Kesanalah harus kamu bawa korban bakaran dan korban sembelihanmu, persembahan persepuluhanmu dan persembahan khususmu, korban nazarmu dan korban sukarelamu, anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu”.
Ul 12:23 “Di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu”.


PENTING!! syarat syarat perpuluhan sudah tidak berlaku di perjanjian baru . Alasan mengapa Tuhan tidak melibatkan pekerjaan lain selain peternak dan petani karena Tuhan mau perpuluhan itu datang dari tanah kudus-Nya Tuhan.

K. Perpuluhan Bisa Ditukar Dengan UANG
Ul 14:24-26 adalah ayat yang sangat penting, Firman Tuhan katakan perpuluhan yang berupa makanan itu diuangkan kemudian uang itu belanjankan untuk keperluan hatimu. Jadi ada pertukaran tetapi kita mendapatkan sesuatu untuk keperluan kita. Beda dengan ajaran sekarang yang ada dompet kita habis.
Ul 14:24-26 “Apabila, dalam hal engkau diberkati TUHAN, Allahmu, jalan itu terlalu jauh bagimu, sehingga engkau tidak dapat mengangkutnya, karena tempat yang akan dipilih TUHAN untuk menegakkan nama-Nya di sana terlalu jauh dari tempatmu, maka haruslah engkau menguangkannya dan membawa uang itu dalam bungkusan dan pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu: dan haruslah engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk anggur atau minuman yang memabukkan, atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu."

Baca juga Bil 3:45-51 dan Bil 18:15-17, uang dipakai sewaktu ada pertukaran.

L. Apa Uang Telah Ada?
Di kitab Kejadian sendiri ada 32 kata tentang uang dalam bentuk emas, perak atau shekel (denarius). Dan sebelum Im 27:30 semuanya ada 44 kata tentang uang. Ada 140 kata uang ,417 kata emas, dan 320 kali kata perak dalam kitab King James. Jadi terbukti di Alkitab berabad-abad sebelum bangsa Israel masuk ke tanah Kanaan sewaktu dimulainya perpuluhan bahwa uang sudah menjadi sesuatu yang sangat penting. Seperti sekarang ini kalau kita mau beli tanah atau properti sudah pasti harus dengan uang.
a. Abraham kaya dengan emas dan perak-Kej 13:2
b. Uang dalam bentuk emas, perak, untuk membeli budak-Kej 17:12
c. Abrahamn membeli sebidang tanah dengan 400 perak-Kej 23:9-16
d. Abimelek memberi 1000 keping perak-Kej 20:16
e. Sanctuary-Kel 30:12
f. Yusuf dijual seharga 1 keping perak-Kej 37:28
g. Yusuf memberi uang kepada Benyamin 300 perak-Kej 45:22
h. Untuk kebebasan-Kel 23:11
i. Untuk bayar denda di pengadilan-Kel 21 dan Kel 22
j. Untuk bayar pajak-Bil 3:47
k. Untuk membeli kebebasan budak-Im 25:47-53
l. Untuk membeli minuman alkohol-Ul14:26
m. membeli mas kawin-Ul 22:29

Ada kata uang begitu banyak di Alkitab perjanjian lama dan baru. Uang sangat penting dan berharga pada jaman itu.
Ul 14:24-26 “Apabila, dalam hal engkau diberkati TUHAN, Allahmu, jalan itu terlalu jauh bagimu, sehingga engkau tidak dapat mengangkutnya, karena tempat yang akan dipilih TUHAN untuk menegakkan nama-Nya di sana terlalu jauh dari tempatmu. Maka haruslah engkau menguangkannya dan membawa uang itu dalam bungkusan dan pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu dan haruslah engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk anggur atau minuman yang memabukkan, atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu”.

Jika anda masih berpikir uang belum ada pada jaman itu, Tuhan memberitahu orang Israel kalau perpuluhanmu berat ( makanan itu berat), Tuhan bilang tukarkan makanan itu dengan uang kemudian pergilah ke suatu tempat ,kemudian belanjakan uang itu untuk keperluanmu dan sesuka hatimu untuk engkau dan seisi rumahmu. Apa Tuhan tidak berhikmat? kenapa tidak disuruh membawa uang saja? Sehingga tidak usah repot harus ditukar dulu. Jadi ada tukar-menukar. Tetapi dengan barter kita mendapatkan sesuatu. Dan uang sudah menjadi hal yang penting pada saat itu.
Kej 47:15 “Setelah habis uang di tanah Mesir dan di tanah Kanaan, datanglah semua orang Mesir menghadap Yusuf serta berkata: "Berilah makanan kepada kami! Mengapa kami harus mati di depanmu? Sebab tidak ada lagi uang”.

M. Ketetapan Perpuluhan
Undang-undang perpuluhan ada di Bil 18 bukan Mal 3 . Ayat ini PENTING sekali. Dalam Alkitab Inggrisnya:
Num 18:19 “All the heave offerings of the holy things, which the children of Israel offer unto the LORD, have I given thee, and thy sons and thy daughters with thee, by a statute for ever: it is a covenant of salt for ever before the LORD unto thee and to thy seed with thee”.
Num 18:21 “And, behold, I have given the children of Levi all the tenth in Israel for an inheritance, for their service which they serve, even the service of the tabernacle of the congregation”.
Bil 18:19 “Segala persembahan khusus, yakni persembahan kudus yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN, Aku berikan kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan bersama-sama dengan engkau; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya; itulah suatu perjanjian garam untuk selama-lamanya di hadapan TUHAN bagimu serta bagi keturunanmu”.
Bil 18:21 “Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan”.


PENTING!!! Alkitab dengan sangat jelas menulis kalimat statute / perjanjian di hadapan Tuhan bahwa tujuan dari perpuluhan adalah untuk anak anak lewi atau orang dari suku Lewi saja. Dari 12 suku yang ada maka yang boleh menerima perpuluhan hanya orang suku Lewi yang berjumlah 38.000 orang, mereka ini bukan termasuk IMAM. Walaupun imam itu dari keturunan suku Lewi.

N. Hari Sabath
Di hari Sabat Tuhan tidak menghendaki perpuluhan pada TIAP tahun ke tujuh dan TIAP tahun kelima puluh.
Kel 23:11 “Tetapi pada tahun ketujuh haruslah engkau membiarkannya dan meninggalkannya begitu saja, supaya orang miskin di antara bangsamu dapat makan, dan apa yang ditinggalkan mereka haruslah dibiarkan dimakan binatang hutan. Demikian juga kaulakukan dengan kebun anggurmu dan kebun zaitunmu”.
Im 25:11 “Tahun yang kelima puluh itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, jangan kamu menabur, dan apa yang tumbuh sendiri dalam tahun itu jangan kamu tuai, dan pokok anggur yang tidak dirantingi jangan kamu petik”.


Sangat tidak alkitabiah kalau mengajarkan perpuluhan tetapi tidak mengajarkan hari sabath yang mana setiap orang tidak perlu melakukan apa apa termasuk membawa perpuluhan lagi pada tahun ke tujuh sampai tahun ke limapuluh. Apa perpuluhan membuat Anda diberkati kelimpahan? Petinju dunia Evander Holyfield memberikan perpuluhan sebesar 21,5 juta dollar ke gerejanya. Setelah beberapa tahun rumahnya harus disita karena terlibat hutang.

Ada begitu banyak kesaksian seperti ini, ada cerita anak muda di Solo menjual pabriknya dan memberikan semua uangnya kepada gereja akhirnya ia menjadi miskin.
September 2011 ada seorang bapak bunuh diri karena memberikan semua uangnya kepada gereja yang mana uangnya untuk membeli rumah, karena baru mendengar kotbah semakin memberi banyak maka akan mendapat banyak. Di Alkitab tidak ada dicatat cerita dari orang yang memberikan uang kepada Yesus menjadi sukses atau kaya.

Hasil analisa yang dibuat oleh lembaga terpercaya di Amerika Barna Group, Orang Kristen di Amerika memotong kontribusi memberikan perpuluhan. Hasil analisa adalah sbb memberikan kepada gereja Januari 2010 turun 29%, April 2011 turun 30%, memberikan kepada yayasan Januari 2010 turun 48%, April 2011 turun 39%.
Apabila kita melihat angka diatas, berarti fakta karena memberi perpuluhan bukan bearti anda akan diberkati secara keuangan. Seperti di kampung Yahudi masih banyak orang miskin padahal nenek moyangnya melakukan setia perpuluhan. Hasil analisa di Amerika orang kaya rata-rata memberi perpuluhan hanya 2-3%, dan orang miskin atau orang yang pas pasan eknominya memberi sampai 15-23%. Orang kaya mengerti untuk menjadi kaya bukan karena memberi perpuluhan, tetapi orang yang miskin berharap seperti pergi ke Casino untuk mendapatkan 100 kalilipat.

O. Apa Negatif Dari Perpuluhan
1. Perpuluhan membawa orang percaya kembali kepada hukum Taurat. Rom 2:14 “Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri”
2. Perpuluhan mengajarkan bahwa Tuhan jatahnya 10%, dan sisanya menjadi kepunyaan kita
3. Perpuluhan cenderung membuat pemimpin gereja menjadi cinta akan uang dan pelayanannya menjadi kepunyaannya bukan kepunyaan Tuhan
4. Perpuluhan membuat orang miskin menjadi tambah miskin ,sebenarnya gereja dipanggil untuk menolong orang miskin. Orang miskin tidak memberi perpuluhan tetapi menerimanya pada jaman itu.
5. Perpuluhan merubah isi Firman Tuhan yang mengajarkan pemberian sukarela di Perjanjian Baru
6. Perpuluhan membawa penghakiman dan mencemarkan Iman orang percaya
7. Perpuluhan bukan sikap memberi dari hati, tetapi karena intimidasi dan tekanan. Silahkan baca bab memberi di perjanjian baru.
8. Perpuluhan membawa orang percaya melakukan ketaatan yang keliru karena tidak sesuai dengan perintah Yesus.
9. Perpuluhan menjadikan penghakiman bagi orang yang tidak memberi perpuluhan
10. Perpuluhan merusak visi bagi orang percaya

P. Yesus Dan Murid-Nya Tidak Mengajarkan 10%
PENTING!!! Sewaktu hukum taurat masih punya kekuatan penuh. Yesus, Petrus, Paulus dan murid-murid-Nya tidak ada yang mengajarkan, memberi dan menerima perpuluhan. Kenapa tidak? Jawabannya sederhana karena Yesus tidak pernah mengajarkan perpuluhan kepada murid-murid-Nya, dan juga Yesus dan Petrus bukan dari suku Lewi tetapi suku Yudha, Paulus dari suku Benyamin. Sehingga tidak ada satupun murid Yesus yang mengajarkan perpuluhan. Kalau Yesus dan murid muridNya tidak mengajarkan perpuluhan, bukankah teladan kita itu Yesus Kristus? Jangan palingkan telinga anda dari kebenaran tetapi hanya memuaskan telinga bagi cerita dongeng.

Q. Apakah Orang Miskin Memberi Perpuluhan
Orang miskin tidak memberi perpuluhan mereka hanya menerima. Tetapi kalau mereka mau memberi mungkin dengan cara sukarela.
Im 25:6 “Hasil tanah selama sabat itu haruslah menjadi makanan bagimu, yakni bagimu sendiri, bagi budakmu laki-laki, bagi budakmu perempuan, bagi orang upahan dan bagi orang asing di antaramu, yang semuanya tinggal padamu”.
Im 25:25 “Apabila saudaramu jatuh miskin, sehingga harus menjual sebagian dari miliknya, maka seorang kaumnya yang berhak menebus, yakni kaumnya yang terdekat harus datang dan menebus yang telah dijual saudaranya itu”.
Ul 15:7 “Jika sekiranya ada di antaramu seorang miskin, salah seorang saudaramu di dalam salah satu tempatmu, di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau menegarkan hati ataupun menggenggam tangan terhadap saudaramu yang miskin itu”.
Im 24:12 “Jika ia seorang miskin, janganlah engkau tidur dengan barang gadaiannya."
Yak 1:27 “Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia”.


R. Atas Otorisasi Siapa Merubah Firman Tuhan
Ul 12:32 “Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya”.
Ul 4: 2 Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya, dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu."
Ams 30:6 Jangan menambahi firman-Nya, supaya engkau tidak ditegur-Nya dan dianggap pendusta."


Atas otorisasi siapa yang merubah perpuluhan dalam bentuk makanan DIRUBAH menjadi UANG. Firman Tuhan jelas dikatakan jangan menambahinya ataupun menguranginya.
Im 27:30 “Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN”.
Im27:32 “Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi TUHAN”.
Mal 3:10 “Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan”.
Luk 11:42 “Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan”.
Mat 23:23 “Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan”.


Baca juga di Bil 18:27-28; Ul 12:17, 14:22-23, 26:12; Neh 10:37; Mat 23:23; Luk 11:42. Semuanya tentang makanan

S. Perpuluhan Untuk Mendisiplinkan Diri
Kata disiplin paling sering dipakai oleh para pencinta pepuluhan, kalau kita perhatikan kata disiplin dan prinsipil adalah sesuatu yang jauh berbeda. Kata prinsipil itu sesuatu yang tidak bisa diubah, tetapi kata disiplin adalah melatih sesuatu untuk menghasilkan suatu karakter atau ketrampilan. Paulus mengajarkan kita harus melatih iman kita. Tidak ada ayatnya yang mengatakan Tuhan ingin kita mendisiplinkan diri kita sendiri untuk membayar perpuluhan. Jangan membuat asmusi sendiri dan merugikan orang lain.

T. Siapakah Lewi?
Kej 29:34 “Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini suamiku akan lebih erat kepadaku, karena aku telah melahirkan tiga anak laki-laki baginya." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Lewi”.
Lewi adalah salah satu dari dua belas anak Yakub. Ibunya bernama Lea yang juga melahirkan anak laki-laki lain bernama Ruben, Yudah, Simeon, Isakar dan Zebukun dan hanya mempunyai satu saudara perempuan Dina. Lewi anak ke tiga dari Lea. Musa dan Harun adalah keturunanan dari Lewi.

Selama ini kita diajar bahwa orang Lewi itu adalah pekerja FULLTIME di gereja. Dengan kata lain pendeta tidak mempunyai pekerjaan lain selain melayani Tuhan. Setelah saya pelajari ternyata orang suku Lewi itu hanya bekerja 2 minggu selama 48 minggu karena dibagi-bagi perkelompok. Pada jaman raja Salomo dan Daud pada waktu membangun bait suci Allah. Mereka membuat sensus penduduk untuk mengetahui ada berapa orang dari suku Lewi. Setelah sensus terdapat 38.000 orang dari suku Lewi.
1 Taw 23:3 “Lalu dihitunglah orang-orang Lewi, yang berumur tiga puluh tahun ke atas, dan jumlah orang-orang mereka, dihitung satu demi satu, ada tiga puluh delapan ribu orang”.

Apa pekerjaan 38.000 orang itu Mereka diberi tugas masing-masing sesuai keahlian.
1 Taw 23:4 “Dari orang-orang ini dua puluh empat ribu orang harus mengawasi pekerjaan di rumah TUHAN; enam ribu orang harus menjadi pengatur dan hakim”.
1 Taw 23:5 “Empat ribu orang menjadi penunggu pintu gerbang; dan empat ribu orang menjadi pemuji TUHAN dengan alat-alat musik yang telah kubuat untuk melagukan puji-pujian," kata Daud”.
Bil 26:62 “Dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah dua puluh tiga ribu orang, semuanya laki-laki, yang berumur satu bulan ke atas, sebab mereka tidak dicatat bersama-sama dengan orang Israel, karena mereka tidak diberikan milik pusaka di tengah-tengah orang Israel”.


Karena tidak mungkin sebanyak 38.000 orang bekerja bersamaan dalam suatu tempat maka diundilah masing-masing bersama per kelompok.
1 Taw 28:13 “Mengenai rombongan-rombongan para imam dan para orang Lewi dan mengenai segala pekerjaan untuk ibadah di rumah TUHAN dan segala perkakas untuk ibadah di rumah TUHAN”.
1 Taw 24-26 “Tentang pembaigan kelompok dengan di undi”.
1 Taw 24:7 “Undian yang pertama jatuh pada Yoyarib; yang kedua pada Yedaya”.
1 Taw 24:8 “Yang ketiga pada Harim; yang keempat pada Seorim”.
1 Taw 24:9 “Yang kelima pada Malkia; yang keenam pada Miyamin”.
1 Taw 24:10 “Yang ketujuh pada Hakos; yang kedelapan pada Abia…dst”.

Sehingga mereka bekerja hanya 2 minggu dalam 48 minggu. Pertanyaannya bekerja kemana mereka selama 46 minggu? mereka ada di kota-kota Lewi yang berjumlah 48 kota.
Bil 35:7 “Segala kota yang harus kamu berikan kepada orang Lewi itu berjumlah empat puluh delapan kota, semuanya dengan tanah-tanah penggembalaannya”.
Mereka tidak punya tanah atau properti sehingga dipinjamkan tanah.
1 Taw 6 “Orang orang lewi dan Imam dipinjamkan tanah di Yeriko dan Hebron di kelilingi kota-kota yang ditinggalkan oleh orang orang Lewi”.

Selama 48 minggu mereka bekerja di kota kota Lewi sebagai belajar ukiran, petani dan peternak sesuai bakat masing masing. Pelajaran yang keliru selama ini diajarkan orang Lewi pekerja FULLTIME. PENTING!! Dari Jumlah 38.000 itu mereka bukan imam, Mayoritas dari mereka adalah pekerja untuk bait Allah. Tetapi imam itu adalah keturunan Lewi. Jadi kalau mau jujur ,yang boleh menikmati perpuluhan adalah pekerja gereja seperti singer, dll BUKAN Imam.

Perpuluhan orang Isrel diberikan langsung kepada 38.000 orang ini. PENTING!!! perpuluhan tidak diberikan ke gereja, dan tidak ke imam . Ini sangat penting sekali untuk dipahami, karena di Bil 18 sudah jelas tujuan dari perpuluhan itu untuk orang suku lewi. Perpuluhan tidak digunakan untuk membangun gereja tetapi untuk memberi makan karena mereka bekerja membangun Bait suci Allah. Selain pekerja kasar yang sedang membangun Bait Allah ada juga orang Lewi yang bekerja sebagai:
a. Guru-Ul 24:8 dan Ul 33:10
b. Hakim-Ul 17:9-21
c. Pengobatan-Im 13:2
d. Penyanyi/pemain musik-1 Taw 25, 2 taw 5:12-14
e. Ahli penulis surat /orang yang membuat undang-undang-Ul 24:33
f. Pengajar / Guru-2 Taw 35
g. Arsitek dan kontraktor 2 Taw 34:8-13

Setelah Bait Allah di hancurkan oleh tentara Romawi di tahun A.D 70 orang suku Lewi sudah tidak ada lagi, karena sudah tidak bisa di ketahui lagi. Jadi sudah tidak ada lagi prinsip sistim Lewi. Jika anda masih mau memberikan perpuluhan itu haknya anda tetapi jangan memberi karena anda salah mengerti dan sebenarnya firman Tuhan jelas menulis yang boleh menerima adalah para pekerja BUKAN Imam . Kalau anda menjadi singer, sekurity, penjaga toilet , penjaga gereja , arsitek, guru sekolah minggu dll berarti anda yang boleh menikmati perpuluhan kalau memang mau dipakai prinsip perpuluhan.

Dua Alasan Suku Lewi Menerima Perpuluhan
1. Ayat 21-untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan membangun Kemah Pertemuan.
2. Karena mereka tidak boleh mempunyai properti atau tanah sebagai gantinya diberikan perpuluhan berupa makanan supaya mereka bisa makan.

U. Kenapa Hanya Suku Lewi menerima 10%?
Karena orang suku Lewi tidak boleh mempunyai tanah atau rumah turun-temurun. sehingga diganti tanah pusaka itu dengan perpuluhan supaya mereka bisa makan dan tidak mati kelaparan.
Bil 18:20 “TUHAN berfirman kepada Harun: "Di negeri mereka engkau tidak akan mendapat milik pusaka dan tidak akan beroleh bagian di tengah-tengah mereka; Akulah bagianmu dan milik pusakamu di tengah-tengah orang Israel”.
Syarat terpenting orang Lewi menerima perpuluhan karena mereka tidak boleh mempunyai rumah atau properti seumur hidupnya.

V. Kenapa Orang Lewi Tidak Mempunyai properti?
Karena kejahatan yang dibuat oleh suku Lewi sehingga mereka harus menanggung akibatnya senjata dari orang suku Lewi itu adalah kekerasan. Lewi membalas dendam kepada Sikeham yang memperkosa adik perempuanya Dina.

Kej 34:25 “Pada hari ketiga, ketika mereka sedang menderita kesakitan, datanglah dua orang anak Yakub, yaitu Simeon dan Lewi, kakak-kakak Dina, setelah masing-masing mengambil pedangnya, menyerang kota itu dengan tidak takut-takut serta membunuh setiap laki-laki”.
Kej 49:5 “Simeon dan Lewi bersaudara; senjata mereka ialah alat kekerasan”.
Kej 49:7 “Terkutuklah kemarahan mereka, sebab amarahnya keras, terkutuklah keberangan mereka, sebab berangnya bengis. Aku akan membagi-bagikan mereka di antara anak-anak Yakub dan menyerakkan mereka di antara anak-anak Israel”.


Perpuluhan itu adalah PEWAHYUAN KHUSUS Tuhan untuk orang Lewi . Pertanyaan saya apakah kita ini keturunan Lewi?

W. Apakah Masih Ada Imam Lewi?
Imam Lewi sudah diganti dengan setiap orang percaya menjadi imam dan raja.
1 Pet 2:5 “Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah”.
1 Pet 2:9 “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib”.

Di Neh 10:37 ini juga sebagai ayat yang penting. Untuk memperkuat kemana perpuluhan itu harus diberikan.
Neh 10:37 “Dan tepung jelai kami yang mula-mula, dan persembahan-persembahan khusus kami, dan buah segala pohon, dan anggur dan minyak akan kami bawa kepada para imam, ke bilik-bilik rumah Allah kami, dan kepada orang-orang Lewi akan kami bawa persembahan persepuluhan dari tanah kami, karena orang-orang Lewi inilah yang memungut persembahan- persepuluhan di segala kota pertanian kami”.

Jika ayat ini di kupas secara jelas maka konsep dari perpuluhan diberikan kepada gereja saja TIDAK alkitabiah.
Setelah mereka dibagi undi menurut kelompok masing-masing karena TIDAK mungkin 38.000 orang bekerja bersamaan. , 10 000 orang saja tidak mungkin. Sehingga 98% mereka bekerja di 48 kota dan 2 % ini mereka bekerja di bait Allah. Perpuluhan yang dibawa oleh orang Israel sebesar 98% ke 48 kota-kota Lewi. Jadi konsep memberi ke gereja itu salah total. Pada jaman Nehemia waktunya bersamaan dengan jaman Maleakhi. Kitab Maleakhi pun penterjemahan dari storehouse di Mal 3 harusnya bilik atau gudang bukan rumah Tuhan.

X. Apa itu Storehouse Di Maleakhi 3
Storehouse adalah bilik atau gudang untuk menyimpan makanan. Neh 13 menjelaskan bahwa bilik itu berada bersebelahan dengan Bait Allah yang berada di Yerusalem. Dalam Ayat 5 dikatakan menyediakan sebuah bilik besar bagi Tobia itu. Sebelumnya orang membawa ke bilik itu korban sajian, kemenyan, perkakas-perkakas, persembahan persepuluhan dari pada gandum, anggur dan minyak yang menjadi hak orang-orang Lewi, para penyanyi dan para penunggu pintu gerbang, dan persembahan khusus bagi para imam.
Bilik itu berukuran 3x6 Meter di
1 Raj 6:5 “Pada dinding rumah itu sekelilingnya didirikannya kamar tambahan, sekeliling ruang besar dan ruang belakang, dan seluruhnya dibuatnya bertingkat-tingkat”.
1 Raj 6:6 “Tingkat bawah lima hasta lebarnya, yang tengah enam hasta dan yang ketiga tujuh hasta, sebab telah dibuatnya ceruk-ceruk pada rumah itu sekeliling sebelah luar, sehingga dinding rumah itu tidak usah dilobangi”.


Storehouse itu bukan gereja, tetapi gudang untuk makanan dan storehouse itu juga sudah dihancurkan tidak boleh dibangun kembali. Di Perjanjian Baru TIDAK PERNAH menjelaskan bahwa storehouse itu sebagai gereja atau gedung yang mana Tuhan tinggal diam. Di Perjanjian Baru tempat Tuhan tinggal berdiam adalah di dalam setiap tubuh orang percaya.

1. Bolehkah Perpuluhan untuk Pembangunan Gereja
Tidak ada catatan di Firman Tuhan bahwa perpuluhan digunakan untuk pembangunan gereja, tetapi yang ada adalah pemberian sukarela. Sewaktu Musa mendirikan Kemah Pertemuan, kemudian Musa mencegah mereka untuk memberikan sumbangan lagi karena keperluan untuk pembangunan sudah cukup. Musa punya sikap yang luar biasa, Musa mencegah orang yang membawa sumbangan lagi.
Kel 35:29 “Semua laki-laki dan perempuan, yang terdorong hatinya akan membawa sesuatu untuk segala pekerjaan yang diperintahkan TUHAN dengan perantaraan Musa untuk dilakukan--mereka itu, yakni orang Israel, membawanya sebagai pemberian sukarela bagi TUHAN”.
Kel 36:3 “Mereka menerima dari pada Musa seluruh persembahan khusus, yang telah dibawa oleh orang Israel untuk melaksanakan pekerjaan mendirikan tempat kudus. Tetapi orang Israel itu masih terus membawa pemberian sukarela kepada Musa tiap-tiap pagi”.
Kel 36:6 “Lalu Musa memerintahkan, supaya dimaklumkan di mana-mana di perkemahan itu, demikian: "Tidak usah lagi ada orang laki-laki atau perempuan yang membuat sesuatu menjadi persembahan khusus bagi tempat kudus." Demikianlah rakyat itu dicegah membawa persembahan lagi”.


2. Apa Boleh Memberi Uang Kepada Gereja
Tentu boleh, walaupun tidak di catat di Perjanjian Baru untuk memberi kepada gereja lokal. Di Perjanjian Baru TIDAK ada yang namanya gedung gereja tetapi karena misi Tuhan adalah jadikan seluruh bangsa menjadi murid-Ku. Untuk keperluan misi penginjilan sangat perlu dibantu.
Waktu Yesus menyuruh murid-murid-Nya menginjil Dia tidak mendiskusikan soal gaji, tetapi hanya bicara soal bantuan yang sangat minim.

Mat 10:9 “Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu”.
Mat 10:10 “Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya”.
Mat 10:11 “Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat”.
Mat 10:8 “Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma”.


3. Apakah Ada Gedung Gereja di Perjanjian Baru
Di Perjanjian Baru TIDAK ada namanya gedung gereja, Bait Allah itu ada di setiap hati orang percaya.
1 Kor 3:16 “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?”.
1 Kor 6:19 “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah,--dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?”.

Ef 1:22 “Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada 1:23 Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu."
Ef 2:21 “Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah”. yang kudus, di dalam Tuhan. 22 Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh”.
Ef 4:12 “Untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus”.
Ef 4:15 “Dari pada-Nyalah seluruh tubuh,--yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih”.

Wah 3:12 “Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru”.


Tiga ratus tahun setelah kematian Yesus tidak ada gedung gereja, mereka berkumpul di tempat tempat yang tersembunyi, berpindah-pindah atau gereja rumah. Tidak ada satu ayat di Perjanjian Baru mengatakan bahwa bilik di Maleaki itu adalah gereja yang kita harus mempersembahkan perpuluhan itu. Ajaran membawa perpuluhan ke gereja itu BUKAN suatu doktrin yang alkitabiah karena orang Israel memberi perpuluhan langsung kepada pekerja yang sedang membangun bait Allah. Tetapi persembahan sukarela kepada gereja di perjanjian lama adalah doktrin yang benar dan Alkitabiah. Jikalau mau dikutin anggaplah storehouse itu sebagai gedung gereja, perpuluhan yang dibawa adalah makanan bukan uang. Saya tetap menyarankan Anda membantu gereja. tetapi harus dilihat apakah gereja tersebut bisa dipercaya ,bertanggung jawab atas pemakaian keuangannya.

4. Pemberian Apa yang Tuhan inginkan
BILIK yang ada di Yerusalem sudah di hancurkan di tahun A.D 70 dan tidak boleh di bangun kembali. Sistem membawa binatang sebagai pengorbananan di Perjanjian Lama untuk menebus dosa juga sudah tidak ada. Diganti dengan sistem yang lebih baik yaitu pengorbanan darah Yesus sebagai penghapus dosa selama lamanya. Tuhan tidak menghendaki kita memberikan 10% dari uang kita tetapi kehidupan dan karakter kita seluruhnya yang Dia kehendaki , Tuhan hanya peduli dengan kehidupan dan karakter untuk persiapan di kerajaan sorga.
Rom 12:1 “Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati”.
1 Kor 6:20 “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”.


5. Apa Tuhan Perlu Uang
Kita tidak bisa kasih Tuhan uang. Semuanya yang ada di surga dan bumi adalah milik-Nya. Tuhan juga tidak perlu makan karena Dia tidak makan. Tuhan juga tidak memerlukan pengorbanan dan persembahan tetapi pengenalan akan Allah.
Mzm 40:7 “Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan dan korban sajian, tetapi Engkau telah membuka telingaku; korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau tuntut”.
Hos 6:6 “Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran”.


Tetapi perpuluhan itu pewahyuan khusus Tuhan, tujuannya untuk menolong orang suku Lewi, keluarga sendiri, orang miskin, yatim piatu, janda dan orang asing. Di Perjanjian Baru Yesus mengajarkan kita untuk menolong sesama. Tujuan dari perpuluhan dan pemberian sukarela adalah untuk menolong setiap orang dan jemaat yang miskin. The Jewish Encyclopaedia, menurut hukum taurat setiap tahun ke tujuh adalah hari Sabat dan tidak diperbolehkan membawa perpuluhan.


Copyright by : GIVING2GOD.COM